Apa Saja Type-Type Ayam di Sragen

Apa Saja Type-Type Ayam di Sragen – Apabila memelihara ayam

Banyak dari para peternak Ayam yang masih bingung dalam memilih pakan dari ayam ternakannya. Dikarenakan beberapa faktor. namun faktor utamanya yaitu baru pertama kali beternak ayam.

Pakan dengan kandungan nutrisi yang bagus akan membikin ayam ternak anda menjadi gemuk dan sehat.

Khususnya bagi anda pengusaha ternak ayam potong yang membutuhkan beban ayam yang berat, maka perlu memberikan makanan yang banyak sehingga ayam anda menjadi gemuk. Bila ayam ternak anda menjadi gemuk, karenanya poin jual dari ayam hal yang demikian juga akan naik. Untuk mendapatkan yang terbaik, anda juga perlu memberikan yang terbaik untuk ternak anda.

Pakan Ayam yaitu unsur penyokong utama berhasilnya sebuah usaha ternak ayam. Apalagi pakan ayam kampung.

Tulisan ini akan dijelaskan semua, dikarenakan bahan pakan yang diterapkan memang bisa membikin ayam kampung lebih pesat dalam hal produksi telor.

Sekiranya Anda memelihara Ayam aduan juga harus diberi makanan yang layak. Untuk itu ayam jago seharusnya mendapatkan asupan gizi dan protein yang bagus.

Tipe hanya itu, patut memandang macam ayam yang pantas untuk dipelihara apakah Anda memelihara macam ayam peternak ataukah tipe ayam terampil atau petarung.

Berikut di bawah ini, kita akan membeberkan secara komplit menenai Apa Saja Type-Type Ayam di Sragen, seperti pakan, tipe ayam, sistem memberi makan, sampai bagaimana sistem merawatnya.

Baca Juga: Ras Ayam Jaago dengan Taruhan Terbesar di Indonesia.

Apa Saja Type-Type Ayam di Sragen

Apa Saja Type-Type Ayam di Sragen

Dalam pembahasan Apa Saja Type-Type Ayam di Sragen, di bawah ini yaitu penjelasan mengenai apa saja yang patut Anda ketahui dan tidak hanya Apa Saja Type-Type Ayam di Sragen.

Type Ayam

Berikut di bawah ini merupakan sebagian ragam ayam yang ada di dunia. Mulai berbagai macam, ciri-cirinya sampai perbedaan dengan macam lainnya. Baiklah berikut ini merupakan macam ayam tersebut:

agen sabung ayam online

1. Ayam Cemani

Jenis Ayam ini telah sungguh-sungguh lama di Indonesia, malahan sudah familiar di kerajaan Majapahit di sekitar abad 15 Masehi.

Beberapa ayam ini merupakan ragam ayam yang dibuat dari gabungan ayam hitam pendahulunya. Konon ayam ini sebelumnya memiliki paruh yang warnanya putih dan juga dagingnya dipakai sebagai obat di kala itu.

2. Ayam Silkie Hen

Ayam silki Hen atau bila di Indonesia dinamai ayam kapas adalah ayam yang bulunya yang halus bak sama seperti kapas dan terasa lembut seperti sutra. Sebagian orang juga menyebutnya ayam berbulu kucing, dikarenakan bulunya yang mirip dengan bulu kucing. Ayam ini berasal dari China dan berkembang di sana, sebelum banyak para peternak pada mengekspornya ke luar negeri.

3. Ayam Plymouth Rock

Ayam Plymouth Rock yakni ayam yang autentik berasal dari Amerika. Sebagian orang juga menyebutnya ayam Rock atau ayam Barred Rock.

Adapun sebagian kelebihan yang dimiliki ayam Plymouth Rock diantaranya ayam ini amat pesat untuk bertelur (berkembangbiak), jinak, tidak gampang sakit, kualitas daging dan telornya sangat tinggi.

4. Ayam Orpington

Ayam Orpington layak dengan namanya berasal dari negara Orphington, tepatnya daerah Orpington. Sebelumnya ayam ini yaitu hasil dari persilangan antara ayam Minorca yang berkelamin jantan dengan dengan ayam Plymouth Rock betina berwarna hitam dan kemudian dari hasilnya persilangan kedua ayam hal yang demikian dipersilangkan lagi dengan Ayam Langshan.

5. Ayam Leghorn

Pada umunya warna yang ada di ayam leghorn yakni putih cantik. Cocok itu ada juga warna lain kecuali putih dari varian ayam ini.

Waktu ke waktu seiringnya juga berkembangnya teknologi, ayam Leghorn mulai tersebar ke mana-mana malahan seluruh dunia bisa kita jumpai. Keunikan dari variasi ayam ini adalah dia tidak seperti induk ayam pada umumnya, yang mana ketika bertelur akan mengerami telurnya hal yang demikian. Berbeda dengan ayam Leghorn, dia malah hanya bertelor saja, dan tidak mengerami telornya tersebut.

6. Ayam Bangkok

Diatara demikian banyak jenis sabung ayam di indonesia, ayam bangkok yaitu yang paling popiler di klasifikasi pengemar sabung ayam di semua penjuru indonesia. Nyatanya sama julukannya ayam ini berasal dari kota Bangkok, Thailand.

7. Ayam Birma/Burma

Ayam Birma yakni ayam liar atau biasa di ucap dengan ayam kampung yang berasal dari Burma atau Myanmar. Ayam birma akhir-akhir ini begitu di gemari oleh pengagum sabung ayam, baik untuk ayam pertandingan ataupun untuk dikoleksi. Tipe memiliki ukuran tubuh yang kecil semacam itu bermanfaat saat di arena pertarungan, umumnya dia lebih lincah serta gesit untuk menyerang maupun hindari serangan dari lawan.

8. Ayam Siam

Ayam siam adalah ayam petarung yang juga banyak di budidayakan di indonesia. ayam ini dapat di latih kusus serta diwariskan di beberapa macam kancah. Untuk situasi sulit mutu dari ayam siam asli juga menarik yang condong mempunyai banyak gaya beradu yang variatif.

9. Ayam Shamo

Ayam shamo merupakan ayam petarung favorit yang berasal dari negara Jepang. Ayam shamo juga tergolong ayam aduan yang mempunyai kwalitas bagus saat bertanding serta mempunyai perawakan tubuh cukup tinggi tegap. Shamo memiiki arti Jagoan. Jadi ayam Shamo yaitu ayam jagoan. Ada juga yang menyebutnya sebagai “Ninja Mini dari Jepang”.

10. Type ayam lainnya

Sebenarnya masih ada lagi Type ayam lainnya merupakan:

Ameraucana, Arab, Aseel, Balenggek, Bekisar, Brahma, Ciparage, Cochin, Hutan Hijau, Hutan Kelabu, Hutan Merah, Hutan Srilanka, Tenaga, Kalkun, Kate, Ketawa, Modern Game Bantam, Mutiara, Naked Neck, Nunukan, Onagadori, Orpington, Pakhoy, Pelung, Peru, Petarung, Philipin, Phoenix, Polish, Potong, Randah Batu, Rosecomb, Saigon, Sebright, Serama, Sultan, Sumatera, Thailand, dan ayam Walik.

Jenis Ayam Lainnya dapat Anda lihat di: www.jagoayam.com

Pakan Ayam

pakan-ayam

Tenaga ayam apalagi ayam aduan yang baik akan mendekatkan dengan kemenangan dalam peraduan dan juga sebaliknya. Sebab tenaga ayam aduan yang lemah akan mengakibatkan ayam gampang loyo. Namun pada hasilnya membikin pergerakan ayam aduan akan semakin lambat dalam cara kerja menghindar pukulan lawan ataupun ayam saat sedang melancarkan pukulan.

Sesuai dengan perawatan yang baik ayam juga memerlukan tambahan makanan terbaik dan multivitamin untuk mendapatkan kebugaran tubuh dan stamina yang bagus.

Dan untuk mendapatkan hasil ayam aduan mempunyai energi ekstra dan stamina yang tinggi. Hendaknya ayam menerima perawatan yang rutin dan selalu dikasih makanan tambahan yang tepat untuk aksi laga nantinya.

Untuk perawatan ayam yang baik mesti memandang pakan dan kandangnya. Ternyata kalau ayam jago, ayam biasanya dimandikan dan dijemur secara teratur setiap hari. Dan sore harinya ayam dikasih makan beras merah yang diberi air agar gampang ditelan.

Terbukti, Berikut ini kami akan jelaskan macam pakan ayam yang bagus untuk dikasih:

1. Dedak Padi

Dedak padi ini umum disebut dengan nama bekatul. Bekatul ini dapat diperoleh dengan mudah jika anda tinggal dekat dengan tempat pengolahan padi.

Umum bekatul ini mempunyai nilai asam amino yang cukup tinggi dan berkhasiat untuk membesarkan otot ternak. Pemberian bekatul sebaiknya diatur juga untuk anakan ayam karena bekatul ini mengandung serat kasar yang cukup susah untuk dicerna oleh anakan ayam.

2. Pollard

pollard atau dedak gandum, dapat diperoleh apabila tempat tinggal anda dekat dengan pengolahan gandum.

Protein yang terkandung didalam pollard ini yakni sekitar 15%. Pemberian pollard juga sebaiknya dikontrol karena mengandung serat kasar yang bisa membuat ayam menjadi mencret.

3. Jagung

Jagung adalah pakan yang cukup digemari oleh para peternak karena jagung memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Jagung mempunyai beberapa jenis diantaranya merupakan jagung kuning, jagung merah dan jagung putih.

Pakan macam ini mengandung banyak sekali pro-Vitamin A dan sedikit serat kasar.

4. Tepung Tulang

Pakan variasi ini berasal dari tulang yang direbus kemudian dikeringkan dan ditumbuk hingga halus. Tepung tulang mengandung banyak sekali phosphor dan kalsium yang bagus untuk penyusunan tulang dan sendi.

5. Singkong

Kandungan yang terdapat pada singkong hampir sama dengan kandungan yang terdapat pada jagung. Singkong memiliki kandungan protein rendah hanya sekitar 2-3%. Yakni singkong sebagai ransum sebaiknya kurang dari 20% dari total ransum yang dikasih.

6. Sorgum

Pakan ragam ini umumnya berada dibeberapa daerah tertentu saja dan panggilannya juga berbeda-beda, ada yang menyebutnya dengan nama cantel, cantrik dan batar tojeng. Kandung protein yang terdapat pada sorgum nilainya lebih tinggi dibandingkan dengan protein yang terdapat pada jagung.

7. Minyak / Lemak

Sesudah digunakan sebagai campuran dari pakan yang memerlukan kekuatan tinggi sebab minyak tak mengandung mineral, karbohidrat, protein ataupun vitamin.

8. Bungkil Kacang Kedelai

Kandungan protein untuk pakan ini amat tinggi diperbandingkan dengan protein dari kacang kedelai sendiri sebab bungkil kacang kedelai ini sudah tak mengandung minyak.

9. Bungkil Kelapa

Pengaplikasian sisa dari cara kerja pengambilan minyak pada kelapa. Pakan ini juga umum disebut dengan ampas. Pemberian pakan dengan jenis ini haruslah dibatasi sebab apabila berlebihan akan mengakibatkan ayam menjadi diare.

10. Tepung Ikan

Tepug ini Berasal dari ikan yang sudah dikeringkan dan kemudian digiling menjadi halus. Kandungan yang terdapat pada pakan tipe ini bertumpu dari jenis ikan yang diterapkan.

11. Tepung Bulu Unggas

Bahan ini memang cukup jarang ditemui dipasaran sebab tingkat kesulitan dalam pengolahannya. Pakan ini dibuat dengan metode merebus bulu ayam dengan suhu yang sangat tinggi kemudian dikeringkan lalu digiling sampai menjadi betul-betul halus.

Kandungan yang terdapat pada pakan variasi ini sangatlah tinggi seitar 85%.

12. Tepung Keong Mas / Siput

Protein yang terdapat pada siput adalah sekitar 52%. Untuk membuat pakan macam ini pembuatannya betul-betul mudah. Berikan keong hal yang demikian garam hingga mengeluarkan kotorannya kemudian pisahkan cangkang dan isi dari keong tersebut dan jemurlah sampai kering.

Merupakan kering barulah anda menggilingnya sampai menjadi halus.

13. Tepung Daun Lamtoro

Daun ini diyakini mempunyai kandungan protein yang cukup tinggi sekitar 36-48%. Yakni untuk variasi pakan ini semestinya dikendalikan sekitar 4% dari sempurna pakan saja.

14. Grit

Pemakaian pakan macam campuran dari bebatuan dan kapur seperti batu kali kecil, granit, mika, kulit kerang dan kerikil lainnya. Grit mempunyai 2 variasi yakni yang dapat dicerna oleh unggas dan yang tak dapat dicerna oleh unggas.

15. Pelet

Pakan tipe ini adalah favorite dari peternak dan juga ternaknya sendiri sebab pengaplikasian pelet bisa meningkatkan nafsu makan dari ayam ternak. Pelet yakni tipe pakan yang paling gampang ditemukan dan paling irit biaya dibandingkan dengan tepung.

Baca Juga: Ayam bangkok import super & Ciri-Cirinya.

Bagaimana Membuat Pakan Ayam Bangkok

Kita telah tahu apa saja pakan ayam yang baik dikasih menurut daftar di atas. Misalkan kita pilih pakan dari umbi-umbian.

Setelah anda telah menyiapkan semua bahan-bahan yang akan anda gunakan untuk membikin pakan alternative untuk ayam Anda tersebut, anda dapat melakukan progres pembuatan nya dengan mengikuti langkah-langkah nya berikut ini:

  1. Giling umbi talas dan daun nya hingga menjadi komponen kecil – kecil.
  2. Ketika umbi hal yang demikian sudah digiling, anda dapat mencampurkan semua bahan yang sudah dipersiapkan sebelumnya, seperti beras dolog, dedak, dan tepung tulang menjadi satu dalam mesin mixer.
  3. Lalu tambahkan air secukupnya dan rebus hingga seluruh bahan hancur dan tercampur dengan rata.
  4. Jangan lupa untuk melihat takaran bahan tersebut sebelum anda mencampurnya menjadi satu, untuk membikin pakan sebanyak 2 kg, anda harus mengaplikasikan 1 kg umbi talas, ½ kg beras dolog, ½ kg dedak.
  5. Untuk tepung tulang cuma 1 sendok makan saja atau anda bisa menambahkan nya pantas harapan anda.
  6. telah tercampur dengan rata, anda bisa mengangkatnya dan dinginkan. Kemudian bila telah dingin, anda bisa lantas memberikan nya pada ayam anda.

Nah itulah penjelasan rinci dan komplit mengenai Apa Saja Type-Type Ayam di Sragen. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: Tips & Cara Merawat Ayam Jago.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *